Search This Blog

Loading...

Baca Ini Dulu..

Blog ini hadir sebagai sarana media informasi seputar kesenian. Perlu menjadi perhatian bahwa isi/informasi2 yang termuat dalam blog ini tidak serta merta mewakili keinginan/prinsip/doktrin dll dari Komkes Cawang itu sendiri tapi diharapkan dapat membantu untuk memperluas wawasan di bidang kesenian baik itu kesenian gerejawi atau lainnya. Sumber isi blog ini didapatkan dari berbagai sumber. Usul/saran/bantuan silahkan email ke komkesgkicwg@gmail.com . Selamat membaca.

Kesenian Gerejawi

Kesenian Gerejawi ialah kesenian yang diterapkan atas praktek atau pelayanan Gereja / kesenian dalam penerapannya atas praktek atau pelayanan Gereja. Kesenian Gerejawi tidak mempunyai tujuan dalam dirinya sendiri. Ia adalah 'alat', yang menunjuk kepada apa yang ia layani...
Ia baru disebut "Kesenian Gerejawi" kalau ia tidak melayani dirinya sendiri, tetapi melayani kemuliaan Allah dan pelayanan Gereja, khususnya pemberitaan dan pengajarannya...

Dikutip dari buku: Gereja dan Ibadah Gereja, BPK Gunung Mulia, Dr.J.L.Ch.Abineno, 1986

Sunday, October 24, 2010

KAMUS ISTILAH MUSIK 'PUJIAN & PENYEMBAHAN

Berikut penjelasan beberapa istilah musik, pujian dan penyembahan (khususnya musik rohani) yang sering digunakan:

Lirik
Kata-kata atau pesan yang ada dalam lagu. Lagu rohani yang baik harus mengandung pesan yang jelas dari firman Tuhan, dan sesuai dengan doktrin yang alkitabiah.

Ritme
nada atau irama lagu. Ritme dalam sebuah lagu memiliki peranan yang sangat penting karena memiliki kekuatan untuk mempengaruhi emosi dan mental orang yang mendengarkan lagu tersebut.

Yadah
Mengangkat kedua tangan sebagai tanda penyembahan dan pengagungan. (Mazmur 7:18)

Powgah
Pernyataan pujian sebagai tanda kita setuju atau mengagumkan apa yang telah Tuhan perbuat atau yang akan. Kata ini umumnya dipakai berkaitan dengan korban, jadi artinya sebagai korban ucapan syukur. (Mazmur 100:4a)

Halal
Memuji, memancarkan atau bercahaya, mengungkapkan dengan bangga, juga dapat diartikan sengekspresikan pujian kepada Allah seperti tidak tahu malu. Kata ini jugamerupakan akar kata Haleluyah (Halal Yahweh yang artinya puji Tuhan). (Mazmur 22:23)

Shabach
Bersorak dengan suara nyaring untuk menyatakan kemuliaan kemenangan dan kasih Allah. (Mazmur 17:1)

Barak
Sujud bertelut, memberi penghormatan kepada Allah. Beberapa kali diterjemahkan sebagai memberkati. (Mazmur 72;15)

Zamar
Bernyanyi dengan alat-alat musik, nyayian pujian, bermazmur dan menyanyikan nubuatan denga diiringi kecapi (Mazmur 57:8)

Tehillah
Memuliakan Allah dengan nyanian, lagu pujian spontan. Diartikan juga sebagai nyanyian yang lahir dari Roh untuk memberkati Tuhan. (Mazmur 22:4).

Mazmur
Lagu-lagu kudus yang dinyanyikan dengan iringan musik (dipetik dengan tali).

Back tracking
adalah pesan atau kalimat yang disampaikan dalam suatu lagu dan memiliki arti tersembunyi, yang dapat didengar dan dimengerti dengan metode dan cara tertentu.

Backward Masking
metode rekaman untuk menyampaikan pesan-pesan melalui alam bawah sadar. berdasarkan cara penyampainnya dibagi duacara: direct version dan clouded version.

Direct Version
pesan atau kata-kata rahasia yang disampaikan dalam suatu lagu yang dapat dimengerti.

Clouded Version
kebalikan dari direct version, dimana waktu lagu didengarkan, telinga jasmani tidak mendengar dan mengeri pesan tersebut karena tersembunyi. Tapi pikiran kita menangkap pesannya. ini bisa terjadi karena cara kerjanya disesuaikan dengan fungsi dan anatomi otak.

sumber:

No comments:

Post a Comment

Facebook Share